GALAXY NOTE 7 DITARIK DARI PASARAN!!!!



Kejadian ponsel Galaxy Note 7 yang terbakar diduga gara-gara permasalahan baterai sudah banyak terjadi di berbagai belahan dunia, namun hingga kini penyebab persisnya belum diketahui pasti.

Laman Samsung Inggris sempat memuat penjelasan singkat mengenai hal tersebut, di mana disebutkan bahwa penyebabnya murni merupakan masalah pada baterai, bukan pada ponsel.

Samsung mengatakan overheating terjadi ketika komponen “anoda-ke-katoda” mengalami kontak. 

“Ini adalah kesalahan proses produksi yang sangat langka,” tulis Samsung, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (11/9/2016).

Jumlah Galaxy Note 7 yang terdampak masalah baterai diperkirakan hanya 0,1 persen dari keseluruhan unit yang terjual. Namun Samsung tak mau mengambil risiko. Hingga minggu kemarin, tercatat sudah terjadi lebih dar 35 kasus Galaxy Note 7 terbakar saat diisi baterainya.

Pabrikan asal Negeri Ginseng itu telah mengimbau para pemilik Galaxy Note 7 untuk mematikan dan tidak memakai perangkatnya sebelum ditukar dengan versi baru yang aman. Pemilik Galaxy Note 7 juga diminta sesegera mungkin menukarnya dengan unit yang baru.

Samsung Galaxy Note 7 akhirnya resmi ditarik dari peredaran di pasar Amerika Serikat (AS). Penarikan itu dilakukan setelah dilaporkannya 92 kasus kelebihan panas (overheating) pada baterai.

Namun perlu dicatat, tak seluruh kasus overheating itu memicu insiden lain yang lebih serius, seperti kebakaran. Consumer Product Safety Commision (CPSC), lembaga yang menangani perlindungan konsumen di AS, hanya menemukan 26 kasus kebakaran dan 55 kasus kerusakan perangkat.

“Konsumen mesti segera berhenti memakai dan mulai mematikan Galaxy Note 7 yang dibeli sebelum tanggal 15 September 2016,” tulis CPSC dalam surat rekomendasinya.

“Hubungi tempat Anda membeli ponsel tersebut, baik di operator telekomunikasi, toko ritel, atau Samsung.com, untuk menukarnya dengan ponsel baru dengan baterai berbeda, refund, atau perangkat pengganti gratis,” imbuhnya.

Insiden ledakan dan kebakaran tersebut juga memicu Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan larangan memakai atau mengisi daya Galaxy Note 7 saat sedang berada dalam pesawat.

Larangan dari FAA langsung diterapkan oleh sejumlah maskapai penerbangan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Maskapai yang melarang pemakaian Galaxy Note 7 antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, serta Lion Air.
GALAXY NOTE 7 DITARIK DARI PASARAN!!!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar